Jangan Gegabah dalam Mengatasi Masalah Keuangan, Pertimbangkan Hal-Hal Ini untuk Menemukan Solusi yang Tepat

Orang hidup tidak akan pernah lepas dari masalah. Diantara banyaknya masalah yang mungkin menghampiri, masalah keuangan menjadi salah satu yang sering muncul. Tuntutan biaya hidup yang tinggi membuat orang harus bekerja keras menghasilkan uang guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Cukup tidaknya penghasilan itu relatif bagi setiap orang, tergantung bagaimana cara mengelola dan mengaturnya. Terkadang, ada saat-saat ketika banyak biaya tak terduga yang harus dikeluarkan untuk keperluan tertentu. Hal ini bisa membuat penghasilan bulanan yang biasanya cukup untuk alokasi kebutuhan primer menjadi kurang. Nah, permasalahan yang sering terjadi ini perlu diatasi dan disiasati dengan tepat supaya tidak menjadi masalah berkepanjangan. Anda perlu mengambil langkah yang hati-hati dalam mengatasi masalah keuangan. Solusi jangka pendek yang kurang tepat justru bisa menyebabkan masalah jangka panjang yang lebih rumit.

Analisa Sumber Masalah Keuangan yang Anda Hadapi

JIka Anda mengalami masalah keuangan, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui dari mana sumber permasalahan Anda. Anda perlu merunut ke belakang untuk mengingat kembali pengeluaran apa saja yang Anda keluarkan selama beberapa waktu terakhir. Tuliskan rincian pengeluaran beserta nominalnya dengan jelas untuk mengetahui pos pengeluaran yang menjadi sumber masalah. Masalah keuangan bisa muncul dari harga-harga kebutuhan yang semakin tinggi tetapi tidak diikuti dengan peningkatan nilai pendapatan. Bisa juga masalah keuangan ini terjadi karena gaya hidup yang salah dan tidak seimbang dengan pemasukan Anda, seperti peribahasa besar pasak daripada tiang.

Anda perlu membedakan antara masalah keuangan yang didasari oleh pemenuhan kebutuhan dan pemenuhan keinginan. Anda perlu merunut pengeluaran apa saja yang telah dikeluarkan. Jika Anda mengalami kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan pokok seperti pangan, sandang, papan, kesehatan, kecelakaan ataupun musibah, itu merupakan masalah keuangan yang memang perlu untuk dicarikan solusinya. Akan tetapi, jika Anda memerlukan uang untuk memenuhi kebutuhan sekunder lain seperti gaya hidup, barang-barang yang bukan merupakan kebutuhan pokok atau bahkan sekedar untuk rekreasi maka Anda perlu mengubah gaya hidup supaya penghasilan yang Anda miliki bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar Anda. Masalah keuangan yang terjadi karena harga kebutuhan pokok yang semakin tinggi mau tidak mau harus diatasi dengan mencari sumber penghasilan tambahan lain atau memilih kebutuhan-kebutuhan pokok denga harga yang paling rendah.

Rencanakan dan Catat Semua Pengeluaran Anda

Solusi ini digunakan untuk mengatasi permasalahan keuangan jangka panjang. Agar pengeluaran Anda setiap bulannya dapat terukur dan terencana, membuat rencana pengeluaran bulanan merupakan hal yang wajib dilakukan. Rencana pengeluaran ini bisa membuat Anda mampu memperhitungkan kisaran total pengeluaran bulanan  dengan jumlah penghasilan yang Anda miliki. Jika Anda menerapkan metode ini maka masalah keuangan Anda perlahan-lahan akan teratasi dan Anda akan dapat mengatur keuangan dengan lebih cermat. Buatlah rencana pengeluaran dengan menerapkan skala prioritas. Usahakan Anda mengeluarkan uang untuk hal-hal yang memang benar-benar dibutuhkan. JIka memungkinkan sisihkan sebagian untuk disimpan sebagai tabungan. Selain itu pencatatan realisasi pengeluaran juga diperlukan untuk memberikan rekaman yang jelas mengenai ke mana saja uang Anda mengalir.

Masalah Keuangan Darurat dan Solusinya

Permasalahan keuangan lainnya adalah ketika Anda dihadapkan pada keadaan yang mengharuskan Anda untuk menyediakan dana dalam waktu yang cepat. Contoh kondisi tersebut seperti ada anggota keluarga yang sakit, meninggal, melahirkan, adanya musibah ataupun kecelakaan. Masalah keuangan ini harus diatasi dengan cepat. Tidak jarang kondisi yang mendesak ini membuat orang kurang dapat berpikir jernih dan cenderung mengambil tindakan solusi jangka pendek tanpa perhitungan yang matang. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menghadapi kondisi keuangan darurat adalah :

  • Perhitungkan dengan jelas jumlah dana darurat yang Anda butuhkan

Anda perlu melakukan perhitungan yang tepat mengenai jumlah dana yang Anda perlukan sesuai dengan jenis kebutuhan mendesaknya.

  • Hindari melakukan pinjaman kepada rentenir

Pada situasi terdesak biasanya orang cenderung memilih solusi tercepat untuk menyelesaikan masalahnya. Kondisi ini biasanya dimanfaatkan rentenir untuk menawarkan pinjaman dengan cara yang mudah tetapi dengan bunga dan skema pinjaman yang tidak masuk akal. Meminjam uang kepada rentenir memang bisa menyelesaikan permasalahan Anda saat itu. Tetapi hal tersebut justru membuat permasalahan lain bagi Anda di masa mendatang dalam hal pembayarannya.

  • Manfaatkan Pegadaian

Pegadaian dapat menjadi salah satu solusi penyediaan dana dalam waktu cepat. Anda bisa menggadaikan barang berharga untuk memperoleh dana darurat. Dengan menggadaikan barang ini, Anda masih memiliki kesempatan untuk mengambil kembali barang berharga Anda jika Anda sudah memiliki dana untuk menebusnya dalam jangka waktu yang ditentukan. Cara ini cenderung aman karena Anda tidak memiliki beban hutang pada orang lain. Jika ternyata Anda tidak mampu menebus dalam jangka waktu yang ditetapkan maka barang berharga Anda akan menjadi milik Pegadaian.

  • Menjual Barang

Anda bisa menjual barang-barang milik Anda yang sekiranya memiliki nilai ekonomi yang lumayan. Manfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak Anda gunakan untuk dijadikan uang guna memenuhi kebutuhan Anda. Anda bisa menawarkan barang bekas Anda secara langsung kepada orang terdekat ataupun memasang iklan di situs-situs jual beli online.

  • Mengajukan pinjaman kepada lembaga penyedia pinjaman

Apabila tidak ada barang berharga yang bisa digadaikan atau barang lain yang bisa dijual, pengajuan pinjaman adalah solusi terakhir yang dapat ditempuh. Ada banyak pilihan lembaga penyedia kredit yang bisa membantu Anda memperoleh dana pinjaman. Tempat-tempat yang umumnya dituju oleh pencari pinjaman adalah bank, koperasi simpan pinjam dan lembaga penyedia kredit swasta. Anda perlu berhati-hati sebelum memutuskan pengajuan pinjaman pada lembaga tertentu. Ketahui lebih dulu informasi lengkap mengenai aturan serta skema kredit agar Anda memiliki gambaran yang cukup jelas. Selain mengajukan pinjaman di lembaga, saat ini ada solusi lain untuk kebutuhan dana mendesak dalam waktu yang cepat. Pinjaman online di www.monily.id atau www.pinjaman24.id menyediakan solusi pinjaman dana secara cepat tanpa jaminan. Jenis pinjaman onlineini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia yang berusia lebih dari 22 tahun. Persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman online juga cukup mudah.  Meskipun berbasis online, Anda tidak perlu khawatir akan kemananan data diri Anda. Di website pinjaman online ini keamanan data rahasia Anda terjamin. Anda bisa menemukan banyak pilihan penawaran pinjaman online sesuai dengan kebutuhan dana dan jangka waktu pengembalian yang Anda inginkan. Jika Anda sudah memperoleh persetujuan pinjaman, Anda akan memperoleh dana yang Anda butuhkan dalam waktu yang cepat.

Sebelum masalah keuangan darurat datang, akan jauh lebih baik jika Anda sudah terlebih dahulu memiliki cadangan tabungan. Biasakan untuk menyisihkan penghasilan bulanan Anda untuk disimpan. Tabungan ini bisa sangat mempermudah Anda jika sewaktu-waktu ada dana tak terduga yang harus Anda keluarkan. Cermat dalam mengatur keuangan akan menjamin kemananan dan kesejahteraan Anda.

Tags: