Cegah Pemberian Mpasi Instan Untuk Bayi

Setelah mencapai umur 6 bulan,  bayi sudah membutuhkan nutrisi tambahan selain dari asi atau air susu ibu.  Sehingga ibu harus mulai menyediakan makanan pendamping asi atau biasa disebut dengan mpasi.  Ada banyak sekali mpasi instan yang telah diperjual belikan di toko.  Namun alangkah lebih baiknya ibu memberikan mpasi alami yang dibuat di rumah sendiri dengan bahan bahan yang bergizi.  Hal ini karena mpasi alami lebih baik kualitasnya dibandingkan dengan mpasi instan. Tentunya anda sebagai ibu sebisa mungkin harus menghindarkan anak anak dari mpasi instan,  karena berikut ini ada beberapa bahaya mpasi instan untuk bayi,  di antaranya adalah :

  1. Banyak mengandung zat kimia

Namanya juga makanan instan,  tentunya telah diolah dengan beberapa proses yang didalamnya melibatkan proses kimia.  Sehingga hal ini snagat dikhawatirkan daoat mengkontaminasi pencernaan bayi.  Meskipun sudah dijamin aman,  namun alangkah lebih baik jika mpasi pertama bayi itu harus dibuat dari bahan alami terlebih dahulu.

  1. Kesulitan bayi adaptasi

Dengan memberikan mpasi alami,  maka bayi akan lebih mudah beradaptasi dalam pencernaannya.  Bahan alami juga tidak akan terlalu membuat shock. Pencernaan bayi karena bersifat lembut. Beberapa bayi akan mengalami gangguan pencernaan ketika harus berhadapan dengan makanan baru yang banyak mengandung zat kimia

  1. Tidak terlalu sehat

Meskipun mpasi instan yang dikhususkan bayi sudah memenuhi standar kesehatan,  namun tetap saja yang alami itu akan lebih aman dan sehat untuk bayi dibandingkan yang instan.  Karena mpasi alami bisa terbuat dari buah,  sayur dan karbohidrat alami. Terkadang beberapa mpasi instan juga masih ada yang mengandung pengawet dan pemanis buatan sehingga tidak baik untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Itulah beberapa bahaya dari memberikan bayi mpasi yang instan.  Sebaiknya dalam pemberian MPASI pertama untuk bayi anda lebih mengutamakan bahan alami yang bisa anda buat sendiri di rumah.  Anda bisa mencari resep mpasi di internet yang kini sudah banyak referensinya.  Atau anda juga bisa membuka web milik guesehat untuk info kesehatan lainnya.

Tags: