Ampuh Menekan Nafsu Makan, 5 Santapan Ini Cocok untuk Menu Diet

Sudah menjadi hal yang wajar ketika seseorang menjalani program diet nafsu makan merupakan musuh utama yang senantiasa menggoda. Padat nya aktivitas yang menguras tenaga sering kali menjadi pemicu utama nafsu makan tidak terkontrol, akibatnya pola makan menjadi berantakan sehingga menyebabkan berat badan bertambah dan kesehatan terganggu. Tak jarang banyak orang kesulitan melangsingkan tubuh karena susahnya untuk mengontrol nafsu makan.

Berbicara soal menekan nafsu makan, rupanya hal ini bisa kita siasati dengan mencoba beberapa makanan yang mampu menekan rasa lapar. Yah, ketika makanan ini dikonsumsi secara rutin dengan porsi yang tepat, nafsu makan tidak hanya berkurang tapi juga bisa menyuplai beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Jadi, buat kamu yang sedang bergelut dengan program diet sebaiknya tambahkan berbagai makanan diet cepat ini ke dalam menu harian mu.

1.Selai kacang 

Makanan yang dapat menekan nafsu makan pertama yang bisa kamu coba adalah selai kacang. Selain rasanya yang lezat, selai kacang mengandung protein, karbohidrat sehat, asam lemak dan omega 3 yang semuanya di percaya dapat menekan rasa lapar dan tidak menyebabkan kalori bertambah. Selama kamu menyantap nya dalam porsi yang wajar, kamu tak perlu takut akan kegemukan, sebaliknya dengan menyantap selai kacang setiap sarapan atau makan malam kamu bisa cepat kenyang sehingga dapat menghindarkan mu dari godaan makan banyak atau ngemil.

Sajikan selai kacang dengan roti gandum agar nutrisi harian mu tetap terjaga. Kamu bisa kenyang lebih lama dan berat badan mu tetap terjaga. Kamu juga bisa membawa menu selai kacang untuk bekal di tempat kerja, dengan begitu diet bisa berjalan sukses.

2.Buah alpukat 

Santapan selanjutnya yang tidak kalah hebat dalam menekan nafsu makan adalah buah alpukat. Si hijau pulen nan lezat ini sudah dari zaman dulu dianggap sebagai buah sehat yang kaya nutrisi. Yah, selain rendah lemak, kandungan nutrisi pada alpukat bisa membuat kenyang lebih lama sehingga efektif menekan nafsu makan saat diet. Alpukat juga mengandung antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh secara maksimal.

Agar kamu bisa terhindar dari godaan makan banyak saat diet, kamu bisa mengolah alpukat menjadi santapan lezat yang sehat dengan mencampurkan madu atau cokelat. Tapi ingat, jangan terlalu manis yah. Usahakan agar kebutuhan kalori mu tetap terjaga.

3.Popcorn

Makanan lainnya yang juga bisa membuat kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan adalah popcorn. Pasalnya makanan olahan berbahan dasar jagung ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, itu sebabnya popcorn cukup mengenyangkan meski porsi yang disantap hanya sedikit. Nah, buat kamu yang doyan ngemil sebaiknya gantilah menu cemilan mu dengan popcorn agar diet berjalan lancar dan berat badan mu cepat turun.

4.Cabai

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa sebenarnya cabai juga bisa menekan rasa lapar. Yah, makanan yang pedas dapat menjaga asam di perut tetap dalam kondisi netral dan juga bisa membuat perut kenyang lebih lama. Sebagai santapan sehari-hari tak ada salahnya untuk menambahkan cabai ke dalam menu diet mu. Tapi ingat, jangan sampai berlebihan ya.

5.Air putih

Tak hanya berbagai makanan saja, kamu juga bisa mengandalkan air putih sebagai cara untuk menekan nafsu makan. Selain memberikan sumber energi, air putih juga bisa menunda rasa lapar sekaligus membatasi konsumsi makanan mu. Mengonsumsi air putih secara rutin dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga efektif mengurangi kalori di dalam tubuh.

Itu dia beberapa konsumsi sehat yang dapat menekan nafsu makan. Dengan berbagai santapan di atas kamu bisa mengontrol nafsu makan dengan mudah. Selain mengenyangkan, berbagai makanan di atas bisa dijadikan teman ngemil yang menyehatkan. Dengan begitu kamu bisa lebih asyik menjalani program diet. Bebas dari rasa lapar, tetap kenyang sepanjang hari, dan tubuh makin langsing. Mau? Jangan lupa di coba ya.

Tags: