5 Ide Membuat Kegiatan Donasi Menjadi Menarik

style="display:block" data-ad-client="ca-pub-9721200269854724" data-ad-slot="2572779696" data-ad-format="auto">

Kegiatan sosial kadang sering di asosiasikan dengan “menjual airmata”. Padahal tidak semua kegiatan sosial harus dengan menjual kesedihan dan kemiskinan. Di dunia yang serba praktis dan modern, banyak ide yang bisa membuat kegiatan donasi menjadi lebih menarik.

 

donasi

Sebelum melakukan kegiatan donasi, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai tujuan kegiatan ini dilakukan. Apakah calon penerima donasi atau santunan ini ditujukan untuk orang yang tepat, apakah penyalurannya sampai ke orang yang dituju. Hal lain lagi adalah mengenai pelaporannya. Karena ini menyangkut dana yang disumbangkan, maka pelaporannya harus jelas dan transparan.

Supaya menarik untuk donatur melakukan donasi, berikut 5 ide untuk membuat kegiatan donasi menjadi menarik:

  1. Berikan tema pada setiap kegiatan donasi. Misal tema donasi untuk anak-anak jalanan. Anda bisa membuat kegiatan sederhana, dimana anak-anak jalanan penerima bantuan bisa berkumpul, misal dengan membuat pertunjukan kecil untuk menghibur mereka. Undanglah beberapa donatur untuk bisa melihat kegiatan ini, sampaikan kepada mereka tujuannya dana pa yang diharapkan dari donasi yang mereka berikan.
  2. Gunakan sosial media untuk melakukan kampanye penggalangan dana. Saat ini sosial media merupakan cara yang paling ampuh untuk memberikan sosialisasi kegiatan ini. Sampaikan tema yang tepat dan siapa yang menjadi sasaran donasi. Lakukan interaksi dengan membuat kuis atau pertanyaan menarik. Anda bisa memberikan gimmick atau souvenir kecil bagi mereka yang mau membantu menyumbangkan dana pada kegiatan ini.
  3. Lakukan kolaborasi dengan perusahaan besar atau produk tertentu. Misal dengan membeli produk tersebut para donatur akan menyumbangkan sebagian uangnya kepada penerima donasi tertentu.
  4. Membuat aksi sosial atau istilah kerennya “Social Movement”. Turun ke jalan dengan aksi damai dan bersahabat menyebarkan flyers yang berisi ajakan untuk menggalang dana. Aksi ini harus sangat soft tapi tetap mengundang perhatian. Misal dengan memberikan bunga pada pejalan kaki atau pengendara mobil/motor, sembari menyampaikan pesan.
  5. Membuat celengan donasi di sekolah. Anda bisa menyambangi beberapa sekolah swasta dan mengajak mereka untuk menghias celengan dan mengisinya. Isi “tabungan” tersebut akan dikumpulkan di akhir bulan dan isinya akan disumbangkan ke tujuan donasi.

 

Masih banyak ide menarik lainnya yang bisa dilakukan untuk melakukan donasi. UNICEF sebagai salah satu lembaga dunia, juga telah melakukan berbagai kegiatan penggalangan dana untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan di Indonesia.

5 Ide Membuat Kegiatan Donasi Menjadi Menarik | sahroedien | 4.5